LINE BERITA TERKINI

BERITA TERKINI, BERITA TERUPDATE, BERITA TERBARU

 

Survei Y-Publica: Jokowi Kuasai 6 Wilayah, Prabowo Unggul di Sumatera

Jakarta – Elektabilitas pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di sejumlah wilayah Indonesia. Survei Y-Publica menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf menguasai Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Direktur Y-Publica Rudi Hartono memaparkan, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Jawa mencapai 54,4 persen, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 28,8 persen. Kemudian di Sulawesi, Jokowi Ma’ruf mendapat 56,3 persen, Prabowo-Sandi 25,5 persen.

“Di Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Kemudian Maluku dan Papua, pasangan Jokowi-Ma’ruf terpaut jauh dari Prabowo-Sandi,” katanya saat memaparkan hasil survei di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Dia menambahkan, pasangan Jokowi-Ma’ruf kalah tipis dari Prabowo-Sandi di Sumatera. Di pulau yang berpenduduk sekitar 50 juta jiwa itu, Prabowo-Sandi mendapat 42,6 persen, sedangkan Jokowi-Ma’ruf 40,8 persen.

Kunci Pertarungan

“Jawa dan Sumatera adalah dua pulau dengan populasi terbesar di Indonesia. Dua pulau ini jadi kunci pertarungan elektoral, karena jumlah suara di kedua pulau itu sekitar 78 persen,” ungkapnya.

Survei Y-Publica dilakukan pada 10-20 Oktober 2018. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan teknik survei multistage random sampling mewakili 34 provinsi di Indonesia. Margin of error pada survei tersebut adalah plus minus 2,98% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono memaparkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla saat ini sebanyak 72,2 persen. Namun angka tersebut dinilai cenderung stagnan ketimbang Mei 2018 yang mencapai 72,5 persen dan Agustus 2018 tingkat kepuasannya mencapai 72,9 persen.

Berdasarkan survei Y-Publica, angka 70 persen lebih tersebut didapatkan Jokowi dari hasil pembangunan infrastruktur, pemberantasan korupsi, pendidikan dan hubungan luar negeri.

Share
Updated: November 5, 2018 — 4:14 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LINE BERITA TERKINI © 2018 Frontier Theme